Kulit Risol

Selama ini tidak ada resep khusus dalam membuat kulit risol selalu asal tanpa takaran, dan tergantung bahan yang ada (mohon jangan ditiru :D) nah baru kali ini (karena baru cari tahu juga siy :D) saya nemu resep yang pas sekali😉, kenapa pas? Karena menurut saya angka kegagalan 0%.

Selama saya pakai resep asal-asalan saya yg tergantung bahan itu, ada saja masalah kulit lengket, rasa kulit risolnya tidak enak dll. Sebelum berakhir dengan curcol :p ini dia resepnya (bagian dalam kurung adalah modifikasi dari saya krn ketersediaan bahan, alat dan suka-sukanya saya :p). Resep asli dari sini

Bahan Kulit :
150 gram terigu protein rendah atau sedang (saya pakai 1 cup, setara dgn 140gr)
1/4 sdk teh garam
2 butir telur
400 ml susu cair (saya pakai 200 ml air + 200 ml susu cair)
2 sdk mkn minyak goreng (saya pakai 2 sdm margarin yg telah dilelehkan), aduk rata

Cara Membuat:
Taruh tepung terigu dalam mangkuk bersama garam, buat lubang di tengah, pecahkan telur, aduk.Tambahkan air sedikit demi sedikit, aduk rata, masukkan minyak goreng, aduk rata lagi. Bila ada tepung yang masih menggerindil di adonan, saring pakai saringan adonannya sampai halus dan licin. Buat dadar tipis di loyang teflon 20 cm. Kulit siap  di isi ragout.

Posted from WordPress for BlackBerry.

Update!
Saya pernah praktik dengan ingredients yang saya modif di atas sesuai juklak, memang benar angka kegagalan 0% lancar dari awal sampai akhir tidak ada yg lengket😀

Tapi… Dua hari yg lalu saya baru saja bikin risol. Mungkin karena saya tidak patuh dengan juklak, dari pertama sampai akhir semua lengket di teflon >_<
Mau tau apa saja yang saya langgar?
1. Saat menuangkan susu karena buru-buru 200ml langsung saya tumpahkan, jadi adonan banyak yang menggumpal
2. Margarin saya campur dengan coconut oil (entah apa kah ini turut andil dalam kegagalan pembuatan kulit risol)

Hmm kalau ada yang saya ingat lagi akan saya tambahkan… Jadi saran gratisnya: patuhi juklak! Untuk ingredients yang saya modifikasi, saya rasa tidak ada masalah dengan hal itu karena terbukti di percobaan awal justru sukses😀

Tinggalkan Balasan

