Kumpulan Resep Puding Sutra

Karena si bocah cilik, seneng banget sama puding Kherby jadi penasaran cari resep puding yang super lembut, ini beberapa resep yg berhasil dikumpulkan 😀

1. Sumber: Cooking Ami

Untuk kurang lebih 10 porsi

Bahan:
1 bks agar2 bubuk warna putih
1500 cc susu cair
175 gr gula pasir
1 sdt essens almond (gue gak pake)
½ sdt vanili (bisa pake daun pandan)
½ klg buah leci, tiriskan, sebagian dipotong2.

Pelengkap:
Buah leci kalengan
Air buah leci (jus leci)
Cocktail kalengan, atau sesuai selera, secukupnya (gue tambahkan juga prune in syrup airnya gak dipake)

Cara membuat:
Campur agar2, susu cair, dan gula pasir. Masak sambil diaduk sampai mendidih. Kalo pake daun pandan, dimasukkan sejak tahap ini.
Masukkan potongan buah leci, aduk sampai mendidih lagi. Matikan apinya. Tambahkan esens almond dan vanili, aduk rata.
Siapkan wadah/gelas tahan panas, tuang adonan puding dan biarkan dingin. Hidangkan bersama buah leci, cocktail kalengan, dan jus leci.

Catatan:

Puding ini lembut sekali dan tidak bisa dikeluarkan dari wadahnya (dibalik). Karena itu cetakan yg digunakan adalah langsung wadah yg disajikan.

2. Sumber: Dapurnya Ayu
Puding sutra ini banyak namanya loh jadi gak perlu bingung. Sebagian orang menyebut puding putih ini sebagai puding tahu, puding cocktail, puding almond…puding ini memang seperti tahu karena lembut. Puding cocktail karena topingnya buah kaleng (fruit cocktail) dan puding almond karena kalau kita masuk ke resto yang menyajikan makanan cina biasanya untuk dessert pasti ada jenis puding ini deh. Jadinya terserah mau pakai nama yang mana :D.

Baca di milis NCC jadi penasaran banget sama puding ini yang katanya lembut membelai lidah apalagi dilihat dari segi harga juga cukup ekonomis, bisa menjual. Kalau dibilang ekonomis ada benarnya sih apalagi kalau kita hanya memakai topping sirup botol saja, seperti sirup mangga atau jeruk.

Tapi aku gak suka pakai toping sirup, untuk beberapa jenis sirup lidahku gak cocok, rada pahit. Paling enak ya topingnya buah kaleng atau nanas kaleng…sluruuuppph…Wah kalau sudah pakai toping fruit cocktail kalengan ini sampai anak-anak pun senang. Alhasil keenakan pakai resep NCC, setiap kali ada acara apapun yang perlu bikin makanan cepat puding sutra ini jadi andalan buatku. Dan yang pasti semua orang gak ada yang nolak puding, segar sih 😉

Belakangan karena menurutku agak lembek meskipun airnya aku sudah kurangi jadi 5 takaran kaleng, resepnya aku modif dengan pemakaian jelly plain (koniyaku powder) atau yang lebih mudah merk yang ada di pasaran adalah nutrijell yang bungkusnya biru. Tekstur puding jadi lebih kenyal dan kalupun harus dibawa jauh gak kuatir rusak di jalan.

Ini resepnya….

PUDING SUTRA
sumber Yeni Suryasusanti

Bahan :
1 agar-agar bubuk putih
1 kaleng susu kental manis
5-6 kaleng air (ukur dengan kaleng susunya yaa..)
1/2 bungkus nutrijel plain —-> aku tambahin

toping :
sirup ABC squash atau
1/2 kaleng buah koktail siap pakai

Cara membuat :

1. Aduk semua bahan kecuali buah kaleng sampai mendidih

2. Biarkan uap panas hilang, cetak-cetak dalam cup puding

3. Biarkan membeku

4. Kalau sudah membeku beri 1 sdm sirup orange squash atau mango squash ABC (aku gak pakai) atau buah kaleng beserta airnya, hidangkan dingin….hmmmm…sluruppph

3. Sumber: Nieke’s Project

Ini dia resepnya:

Bahan:

1 sachet agar2 plain / agar-agar bubuk putih
1 kaleng susu kental manis putih <– aku pake indomilk, mungkin lebih OK kalo pake yang full cream
5 kaleng air (kaleng dari SKM) <– aku ganti jadi 4,5 kaleng air aja supaya ga keenceran
1/2 sdt essence vanili <– aku pake 1 sdt, supaya makin enak
1 kaleng cocktail <– aku pake buahnya aja, air cocktailnya aku gak pake. Aku pake syrup ABC Squash Delight rasa jeruk yang udah diencerkan untuk menyiram buahnya.
sedikit garam <– sesuai selera
Cara membuat:

Masak bubuk agar-agar, susu kental manis, air, vanilla & garam, aduk terus hingga mendidih.
Setelah mendidih, angkat, dinginkan.
Setelah dingin, cetak agar-agar ke dalam cup. (Sebaiknya pake cup kecil-kecil supaya lebih mudah membaginya. Gak direkomendasikan pake wadah yang gede seperti piring pyrex, bisa ancur berantakan pas agar-agar dipotong karena di atasnya ada toping buah dan syrup, selain itu tekstur agar-agar ini juga lembut banget).
Masukkan ke dalam lemari es. Ketika agar-agar agak membeku, keluarkan sebentar lalu letakkan buah potong atau cocktail di atasnya sebagai toping lalu siram dengan syrup (atau bisa juga disiram dengan air cocktail-nya) tutup dengan tutup cup-nya dan masukkan kembali ke dalam lemari es. Keluarkan ketika ingin dihidangkan.

Untuk tekstur pudingnya ini lembuuuttt banget, gak terlalu manis, rasa manisnya dari toping di atasnya yang juga bikin puding ini jadi seger banget. Mama sempet kasih ide untuk toping, syrup-nya bisa diganti dengan pure jagung manis, atau pure mangga, atau aneka pure lainnya yang dibikin dari buah-buahan yang diblender halus dan sedikit kental. Asyik tuh kayanya.

4. Sumber: Milis NCC

Pudding Kedelai ala Puyo
Bahan:
a. 200 gram gula pasir
b. 5 gram Gellamix
c. 1 gram High Fibre (bila tidak ada, bisa ganti dengan Nutrijel)
b. 1500 gram susu kedelai
100 gram susu cair (seperti Ultra, Indomilk, dll)
c. 1 sdt Toffieco Vanilla Butter
1/4 sdt Pasta Toffieco Leci
d. Gelas plastik
Cara membuat :
1. Aduk hingga rata bahan a) sampai rata dan masukkan ke dalam bahan b), lalu aduk-aduk sampai tercampur rata.
2. Panaskan di atas api sedang sampai mendidih kecil dan matikan apinya.
3. Masukkan bahan c) ke dalamnya dan aduk hingga rata dan tuangkan pada gelas d), lalu simpan di kulkas semalam.

Catatan saya:
Sebenernya hampir mirip ya resepnya, monggo mana yang mau dicoba 😀

Posted from WordPress for BlackBerry.

Kulit Risol

Selama ini tidak ada resep khusus dalam membuat kulit risol selalu asal tanpa takaran, dan tergantung bahan yang ada (mohon jangan ditiru :D) nah baru kali ini (karena baru cari tahu juga siy :D) saya nemu resep yang pas sekali ;), kenapa pas? Karena menurut saya angka kegagalan 0%.

Selama saya pakai resep asal-asalan saya yg tergantung bahan itu, ada saja masalah kulit lengket, rasa kulit risolnya tidak enak dll. Sebelum berakhir dengan curcol :p ini dia resepnya (bagian dalam kurung adalah modifikasi dari saya krn ketersediaan bahan, alat dan suka-sukanya saya :p). Resep asli dari sini

Bahan Kulit :
150 gram terigu protein rendah atau sedang (saya pakai 1 cup, setara dgn 140gr)
1/4 sdk teh garam
2 butir telur
400 ml susu cair (saya pakai 200 ml air + 200 ml susu cair)
2 sdk mkn minyak goreng (saya pakai 2 sdm margarin yg telah dilelehkan), aduk rata

Cara Membuat:
Taruh tepung terigu dalam mangkuk bersama garam, buat lubang di tengah, pecahkan telur, aduk.Tambahkan air sedikit demi sedikit, aduk rata, masukkan minyak goreng, aduk rata lagi. Bila ada tepung yang masih menggerindil di adonan, saring pakai saringan adonannya sampai halus dan licin. Buat dadar tipis di loyang teflon 20 cm. Kulit siap  di isi ragout.

Posted from WordPress for BlackBerry.

Update!
Saya pernah praktik dengan ingredients yang saya modif di atas sesuai juklak, memang benar angka kegagalan 0% lancar dari awal sampai akhir tidak ada yg lengket 😀

Tapi… Dua hari yg lalu saya baru saja bikin risol. Mungkin karena saya tidak patuh dengan juklak, dari pertama sampai akhir semua lengket di teflon >_<
Mau tau apa saja yang saya langgar?
1. Saat menuangkan susu karena buru-buru 200ml langsung saya tumpahkan, jadi adonan banyak yang menggumpal
2. Margarin saya campur dengan coconut oil (entah apa kah ini turut andil dalam kegagalan pembuatan kulit risol)

Hmm kalau ada yang saya ingat lagi akan saya tambahkan… Jadi saran gratisnya: patuhi juklak! Untuk ingredients yang saya modifikasi, saya rasa tidak ada masalah dengan hal itu karena terbukti di percobaan awal justru sukses 😀

Rahasia Sukses Membuat Cake

Sumber: Resep Masakan Indonesia

Cake banyak jenisnya, namun menurut cara membuatnya ada tiga jenis, yaitu sponge cake,  chiffon cake dan pound cake.

Sponge Cake adalah cake yang dibuat dengan terlebih dahulu mengocok telur dan gula sampai mengembang. Setelah itu tepung dimasukkan, menysul margarin yang telah dicairkan. Cake yang dihasilkan lembut seperti spons.

Chiffon Cake adalah cake yang dibuat dengan mencampurkan kuning telur dengan minyak, tepung terigu, dan baking powder. Sementara putih telur dan gula dikocok terpisah sampai mengembang dan kaku. Cake yang dihasilkan bertekstur halus dan lembut.

Pound Cake dibuat dengan mengocok margarin dan gula terlbih dahulu sampai kental kemudian terigu dan bahan lainnya dimasukkan. Cake ini teksturnya legit dan agak berminyak, karena jumlah telur, gula dan tepung terigu yang dipakai seimbang. Masing-masing bahan ditakar sebesar 250 gram. Fruit cake atau cake buah biasanya lebih enak hasilnya bila menggunakan adonan dan teknik ini.

Kenali Bahan – Bahannya
Bahan utama membuat cake adalah telur, gula, tepung terigu, dan margarin atau mentega. dari ketiga bahan utama ini, cake bisa divariasikan dengan tambahan susu, cokelat, kacang-kacangan, dan buah kering.

Telur
Fungsinya untuk membentuk struktur cake, karena telur dapat membuat adonan mengembang sehingga membentuk volume cake. Selain itu telur juga memberikan rasa, warna dan kelembapan pada cake.
 
Gula
memberi rasa manis pada cake dan memberikan aroma. Ini terjadi ketika proses karamelisasi adonan cake saat dioven. Ini menimbulkan reaksi browning (munculnya warna kuning kecokelatan) pada cake. Gula yang dipakai bisa berupa gula pasir, gula kastor, gula palem, brown sugar, dan gula bubuk.

Tepung
cake bisa dibuat dari tepung terigu, tepung ketan, tepung beras maupun tepung-tepung lainnya. Namun paling umum digunakan untuk membuat cake adalah tepung terigu. Tepung terigu yang cocok untuk cake adalah yang mengandung protein sedang (tepung terigu serbaguna) atau protein ringan. Terigu berprotein tinggi hanya cocok untuk membuat roti.

Lemak (Margarin / Mentega)
Penambahan  lemak juga menjadikan cake gurih dan lebih empuk. lemak yang digunakan dalam adonan cake bisa berupa margarin, mentega, shortening (mentega putih), dan minyak. Margarin terbuat dari lemak tumbuhan yang diberi aroma dan harga jualnya murah. Mentega terbuat dari lemak hewan (lemak susu) sehingga rasa rasa cake lebih gurih dengan aroma harum. Namun harga mentega lebih mahal dibandingkan dengan margarin. Shortening atau biasa disebut mentega putih juga terbuat dari lemak tumbuhan namun kandungan airnya sedikit sehingga bila digunakan dalam cake, tekstur cakenya empuk dan rasanya tidak gurih.

Pengembang
Bahan ini memang tidak mutlak dibutuhkan. Namun banyak yang memakainya untuk menstabilkan adonan cake. Padahal jika proses pengocokan telur dan gula dilakukan dengan benar hingga campuran telur dan gula mengembang sempurna, sudah cukup untuk membuat cake labih bervolume dan memiliki kerangka.
Bahan pengembang pada prinsipnya ada dua macam. Yang berbentuk serbuk seperti baking powder  dan baking soda atau berbentuk pasta seperti ovalet dan SP> Pengembang berbentuk pasta sering disebut cake emulsifier., karena selain menstabilkan adonan, juga memperbaiki tercampurnya lemak dan air dalam adonan. Agar tercampur sempurna, pengembang serbuk sebaiknya dicampurkan dengan tepung terigu. 
Sementara itu, pengembang pasta ditambahkan pada proses pengocokan telur dan gula, yaitu ketika gula mulai larut dan telur mulai berwarna putih. Namun perlu diingat bahwa takaran untuk bahan pengembang harus pas. Karena terlalu banyak pengembang dan kurang cairan juga bisa menyebabkan cake mudah keras dan kering.

Mengocok Telur

  1. Sebelum mulai megocok telur, pastikan pengocok dalam keadaan kering. Peralatan yang basah dan berlemak membuat telur tidak mengembang meski dikocok dalam waktu lama.
  2. Jangan menggunakan telur yang baru dikeluarkan dari lemari es. Jika telur terlanjur disimpan di lemari es, biarkan telur  di suhu ruang selama 1 jam sebelum dikocok.
  3. Berat telur yang digunakan dalam resep adalah 50 gram tanpa kulit. jika berat telur kurang dari 50 gram, tambahkan kuning telur dari telur yang lain. Sebaliknya jika berat lebih dari 50 gram kurangi putih telurnya saja.
  4. Pengocokan telur dan gula bisa dilakukan bersamaan. Tetapi bila telur yang digunakan hanya bagian putihnya, gula dimasukkan sedikit-sedikit setelah putih telur dikocok hingga berbusa.
  5. Istilah “kocok telur sampai mengembang”, artinya telur dan gula dikocok hingga kental. Cirinya terdapat guratan-guratan jalannya mikser di atas adonan yang dikocok. Bila guratan tidak segera hilang artinya telur sudah cukup kental

Mencampur Adonan

  1. Mencampur margarin/mentega dengan telur tidak boleh dilakukan sekaligus karena adonan tidak akan bercampur. Masukan telur satu persatu ke dalam mentega yang dikocok. Setelah terkocok rata, baru masukkan telur yang lain. Begitu seterusnya hingga telur habis.
  2. Untuk membuat kue yang menggunakan mentega kocok, pakailah gula kastor (gula dengan butiran halus) agar cepat hancur. Gula pasir membutuhkan waktu yang lebih lama untuk larut.
  3. Bahan-bahan kering seperti tepung terigu, susu bubuk, tepung meizena, cokelat bubuk, dan baking powder bisa dimasukkan secara bersamaan ke dalam adonan telur.
  4. Ayak terlebih dahulu semua bahan itu menjadi satu. setelah itu baru dimasukkan sedikit demi sedikit ke dalam adonan.
  5. Pencampuran bahan kering ke dalam adonan telur sebaiknya menggunakan spatula ataupun sendok kayu. Jangan menggunakan mikser sekalipun dengan kecepatan rendah karena udara akan “”lari” dari adonan dehingga kue tidak bisa mengembang sempurna.

Margarin Cair

  1. Margarin/mentega cair diperoleh dengan memanaskannya di atas api kecil hingga sebagian besar margari/mentega mencair, tapi tidak perlu mencair seluruhnya. Jika masih ada yang menggumpal angkat saja dari api, lalu aduk hingga mencair seluruhnya. Margarin/mentega cair warnanya harus tetap kuning kental. Mencairkan margarin/mentega terlalu lama akan menghilangkan uap air dalam margarin.
  2. Margarin/mentega dicairkan sesaat sebelum dicampurkan ke dalam adonan. Karena jika margarin dibiarkan terlalu lama, lemak di dalamnya akan terpisah dengan cairannya sehingga akan sulit dalam proses pencampuran ke dalam adonan
  3. Pencampuran margari/mentega cair ke dalam adonan dilakukan dengan menuangkannya sedikit-sedikit. Aduk ringan dengan gerakan memutar dari atas kebawah. Setelah tercampur rata tuang kembali sedikit margarin cair. Begitu seterusnya hingga margarin cair habis.
  4. Lakukan pengadukan margarin cair bersama adonan dengan cara yang benar. Pengadukan margarin cair yang terlalu lama bisa menyebabkan cake bantat.

Memanggang Cake

  1. Loyang yang akan digunakan untuk cake sebaiknya dilapisi kertas roti. Jangan memoles loyang dengan margarin dan menaburi tepung tepung tergu karena bagian luar cake akan menjadi tebal dan terkelupas.
  2. Panaskan oven setidaknya 15 menit sebelum adonan cake dimasukkan agar oven sudah cukup panas saat digunakan untuk memanggang cake.
  3. Usahakan untuk tidak terlalu sering membuka pintu oven saat cake sedang dipanggang. Setidaknya selama 15 menit pertama. Setalah itu oven baru boleh dibuka untuk menguji kematangan cake.
  4. Cake yang tipis membutuhkan proses pemanggangan dengan suhu oven lebih tinggi (kurang lebih 200 derajat), sedangkan untuk cake tebal suhu oven harus lebih rendah (kurang lebih 160 derajat).
  5. Untuk mengetes kematangan cake bisa digunakan tusuk sate. Lakukan dengan menusuk bagian tengah cake. Jika tusukannya licin, tandanya cake telah matang. Namun jika masih ada adonan basah menempel pada tusuk sate, artinya cake masih perlu dioven kembali

Sebaiknya Anda Tahu

  1. Tekstur cake terasa kering terjadi karena proses mencairkan margarin terlalu lama, sehingga uap air dalam margarin hilang dan mengakibatkan cake menjadi kurang lembap.
  2. Tekstur cake berlubang dan kasar terjadi karena pemakaian putih telur telalu banyak di samping juga pemakaian margarin yang terlalu sedikit.
  3. Cake mudah keras dan kering, biasanya karena terlalu banyak menggunakan baking powder
  4. Bagian tengah cake masih basah, sedangkan luarnya sudah matang. Ini karena suhu oven terlalu panas. Buka sedikit pintu oven supaya suhu panasnya keluar, kemudian panggang kembali seperti biasa.
  5. Permukaan cake jadi tebal dan cekung. Ini terjadi karena jumlah terigu yang digunakan kurang.
  6. Sebaliknya permukaan cake menggunung ke tengah terjadi karena pemakaian tepung terigu terlalu banyak.
  7. Permukaan cake pecah dan terbeah. Ini disebabkan beberapa hal, di antaranya pemakaian tepung terigu dengan kadar protein tinggi atau komposisi tepung terigu dan gula terlalu banyak. Suhu oven yang kurang panas juga bisa jadi penyebabnya.

Posted from WordPress for BlackBerry.

Resep Bumbu Dasar Rudy Choiruddin

Been searching for long time.. Akhirnya nemu juga setelah googling 😀

Ini dia resep bumbu dasar Rudy Choiruddin yang tenar pada jaman saya SD-SMP dulu.. Ketauan deh angkatan berapa :p .

Sumber: Just Alia’s Blog

Saya menemukan bumbu dasar mulai tahun 1987, dan selama 12 tahun saya terus-menerus demo bumbu dasar.Menurut saya bumbu dasar ini cocok untuk ibu-ibu yang sibuk bekerja dan perusahaan katering. Bumbu dasar sangat menghemat waktu.

Bisa dijelaskan, apa itu bumbu dasar?

Aneka bumbu untuk berbagai macam masakan Indonesia. Saya membagi bumbu dasar menjadi empat berdasarkan warna. Ada bumbu dasar merah, kuning, oranye, dan putih.

Bumbu dasar merah itu untuk berbagai masakan Indonesia yang berwarna merah. Misalnya memasak nasi goreng. Ambil bumbu dasar merah satu sendok,tambahkan kecap dan nasi. Isinya terserah, bisa sosis, telur, ikan, atau teri. Kalau bumbu dasar merah itu ditambahkan lengkuas yang dimemarkan, daun salam, dan santan, jadilah dia sambal goreng. Isinya bisa macam-macam.

BUMBU DASAR MERAH

Bumbu yang dapat dipergunakan seluruh masakan Indonesia yang berwarna merah (tumisan,nasi goreng, sambal goreng dll) hanya menambah bahan bumbu seperti daun salam, sereh,lengkuas.

Bahan :

* 400 gr cabe merah ( buang bijinya )
* 100 gr bawang merah
* 50 gr bawang putih
* 100 gr tomat
* 20 gr terasi
* 100 gr gula pasir
* 15 gr garam
* 100 ml minyak goreng ( saat blender )
* 100 ml minyak goreng ( saat menumis )

Cara membuat :

* Haluskan semua bahan kecuali gula dan minyak untuk menumis hingga halus benar.
* Panaskan minyak untuk menumis hingga panas betul kemudian masukkan bumbu yang dihaluskan. * Tumis hingga harum dan matang, tambahkan gula pasir, dinginkan,siap digunakan.

BUMBU DASAR PUTIH

Bumbu yang dapat dipergunakan seluruh masakan Indonesia yang berwarna putih seperti ( soto-sotoan ) hanya menambah bahan bumbu seperti salam, daun jeruk,serai misalnya rawon, semur, bisa juga untuk tumisan, mi goreng, dan oseng-oseng..

Bahan :

* 250 gr bawang merah
* 100 gr bawang putih
* 50 gr kemiri
* 3 cm lengkuas dirajang halus
* 2 sdt garam
* 2 sdt gula pasir
* 100 ml minyak goreng ( saat blender )
* 100 ml minyak goreng ( saat menumis )

Cara membuat :

* Haluskan semua bahan kecuali gula dan minyak untuk menumis hingga halus benar.
* Panaskan minyak untuk menumis hingga panas betul kemudian masukkan bumbu yang dihaluskan. *Tumis hingga harum dan matang, tambahkan gula pasir, dinginkan,siap digunakan.

BUMBU DASAR ORANYE

Bumbu ini untuk kari, gulai, rendang, dan macam-macam masakan yang berwarna oranye

Bahan :

* 300 gr cabe merah buang bijinya
* 1 sdt jintan
* 1 sdt adas manis bubuk
* 2 1/2 sdm ketumbar bubuk
* 100 gr kemiri
* 150 gr bawang putih
* 500 gr bawang merah
* 25 gr kunyit
* 20 gr jahe
* 20 gr lengkuas
* 2 sdt lada bubuk
* 3 1/2 sdt garam
* 2 sdt gula
* 100 ml minyak goreng ( saat blender )
* 100 ml minyak goreng ( saat menumis )

Cara membuat :

* Haluskan semua bahan kecuali gula dan minyak untuk menumis hingga halus benar.
* Panaskan minyak untuk menumis hingga panas betul kemudian masukkan bumbu yang dihaluskan. * Tumis hingga harum dan matang, tambahkan gula pasir, dinginkan,siap digunakan.

BUMBU DASAR KUNING

Bumbu ini misalnya untuk macam-macam soto, pesmol, acar, terik daging, sampai bumbu ayam goreng dan mi goreng.

Bahan :

* 100 gr kemiri
* 150 gr bawang putih
* 500 gr bawang merah
* 25 gr kunyit
* 20 gr jahe
* 20 gr lengkuas
* 1 sdm lada bubuk
* 2 1/2 sdt garam
* 2 sdt gula pasir
* 100 ml minyak goreng ( saat blender )
* 100 ml minyak goreng ( saat menumis )

Cara membuat :

* Haluskan semua bahan kecuali gula dan minyak untuk menumis hingga halus benar.
* Panaskan minyak untuk menumis hingga panas betul kemudian masukkan bumbu yang dihaluskan. * Tumis hingga harum dan matang, tambahkan gula pasir, dinginkan,siap digunakan.

Jadi Cara Membuat Bumbu Dasar secara umum :
1. Haluskan semua bahan kecuali gula dan minyak untuk menumis, hingga halus benar.
2. Panaskan minyak untuk menumis, tumis bumbu sampai harum dan matang. Masukkan gula, tumis sebentar, angkat dan dinginkan. 3. Masukkan ke dalam toples, siap digunakan.
4. Bumbu dasar bisa disimpan dalam kulkas selama 3 bulan. Jika ingin memasak, ambillah sedikit dan masukkan bumbu tambahan lain seperti daun salam, daun pandan, atau daun jeruk.

(Sumber : Rudy Choiruddin)

(dicopy dari catatan AYSCA)
Just Alia di 18.52

Dapoer Ipoek: Red Velvet Cake ala Cake Man Raven

Sumber: Dapoer Ipoek

Pencarian resep Red Velvet Cake yang paling wokeh adalah misi yang paling menyenangkan buat saya. Not to mention timbangan yang terus merangkak naik. Yaudin pasrah aja deh yang penting gak korupsi..

Dari beberapa resep RVC, saya pribadi lebih menyukai tekstur yang menggunakan minyak. Seperti resepnya Mba Ria Chocoloveid yang legendaris. Haih sungkem Mba…

Buat saya, resep RVC yang menggunakan minyak teksturnya paling pas dipadukan dengan cream cheese frosting, jadinya gak begitu bleneg. Tapi kalo soal kelegitan rasa RVC, pemenangnya ada di resep dari Hummingbird Bakery. Soft and delicate that’s for sure..

Nah.. kalo kepengen resep RVC yang gampang gapake timbang-timbang bahan atau mikser-mikseran, ini dia juaranya. RVC ala Cake Man Raven. Tinggal aduk doang… Rasanya mirip sama RVC ala Smitten Kitchen alias Southern Style.

Red Velvet Cake
by Cake Man Raven

Bahan kering :
21/2 cups cake flour —> 2 cup terigu, 1/2 cup maizena
11/2 cup granulated sugar
1 tbsp baking soda
Pinch of salt
1 tbsp cocoa powder –> saya pakai 2 tbsp

Canpur semua bahan kering, ayak kalau perlu sampai rata.

Bahan cair :
1 cup buttermilk –> 1 cup susu ditambah 1 sdm cuka, aduk sampai kental. Bisa diganti yogurt plain. 2 telur
11/2 cup vegetable oil
1 tsp white vinegar
1 oz red food coloring –> 2 tbsp pewarna merah
1 tsp vanilla extract

Campur semua bahan cair menggunakan mikser sampai rata. Saya cuma aduk pake whisk aja.

Perlahan masukkan bahan kering ke dalam bahan cair, aduk perlahan sampai rata. Masukkan ke dalam loyang (2x18cm round).
Panggang suhu 180’C selama 20-30 menit.
Dinginkan, beri cream cheese frosting.

Frosting nya gampang cuma cream cheese, unsalted butter, gula halus, kocok lembut. Lalu campur dengan sedikit whipped cream yang sudah dikocok.

Gampang kan.. 🙂

Sincerely,

Herastu Winda

Kumpulan Resep Timpan

Ayah saya bawa pisang raja banyak banget dan manis semua. Semalaman kepikiran pengin bikin pisang risol, tapi lagi menghindari gorengan, tiba-tiba… Aha! Kenapa ga kepikiran dari kemarin-kemarin bikin timpan saja. Selama ini makan timpan beli dari warung Mie Aceh, karena memang tidak tahu cara membuatnya. Akhirnya seperti biasa, cari di Google, dan ini ada 2 resep yang mau saya coba, catet dulu di blog, supaya kalau mau lihat sewaktu-waktu tinggal klik aja deh 😀

Timpan Pisang by Dina Daryanto

 sumber: NCC Banana Week

Dear Mrs. Banana 1 & 2,
Setoran untuk Banana Week kali ini adalah Timpan makanan khas Aceh, resepnya saya dapat dari temen kantor yang orang Aceh. Timpan ini bisa dibuat dari labu parang atau pisang, karena pengen ngeramein Banana Week, jadilah dipilih pisang sebagai bahan dasarnya.
Oh..iya timpan ini isiannya sarikaya buatan sendiri..
Ini resepnya :
Timpan Pisang
Bahan A (Kulit) :
5 – 6 bh Pisang Ambon/Cavendish yang matang, haluskan
450 gr Tepung Ketan Putih
1 sdm Gula Pasir
Santan kental secukupnya (saya pakai santan instan)
Garam secukupnya
Bahan B (Sarikaya) :
1 gelas belimbing Telur
1 gelas belimbing Santan Kental (saya pakai santan instan:air = 2:1)
1 gelas belimbing Gula Pasir (kalau dirasa kurang manis bisa ditambahkan sesuai selera)
2 bh Jeruk Nipis, parut diambil kulitnya saja
1 sdt Kayu Manis Bubuk
2 helai Daun Pandan
sedikit ekstrak Pandan
1 sdm TeriguGaram secukupnya
Daun Pisang Muda untuk membungkus
Minyak Goreng untuk mengoles
Cara membuat :
Bahan B (Sarikaya)
1. Campur telur dan gula, aduk asal rata saja.
2. Campur santan dengan terigu sampai rata
3. Masukkan santan kental, kulit jeruk, kayu manis bubuk, daun pandan, garam, ekstrak pandan ke dalam adonan telur dan gula
4. Masak campuran tersebut dengan api sedang, sampai adonan menjadi kental berbutir2
5. Sisihkan
Bahan A (Kulit)
1. Campurkan pisang yang telah dihaluskan dengan gula, garam dan tepung ketan, masukkan santan kental sedikit demi sedikit sehingga adonan menjadi kalis.
2. Sisihkan
Penyelesaian :
1. Olesi daun pisang dengan minyak goreng
2. Ambil 1 sdm bagian adonan kulit, bulatkan dan pipihkan
3. Isi dengan 1 sdt adonan sarikaya, gulung
4. Kukus selama 20 menit, angkat, sajikan hangat.
Karena isi sarikayanya manis banget, lebih mantab kalau ditemani dengan secangkir teh hijau hangat..hmmm. .ujan2 begini nikmaaat bener..Oh..iya kalau sarikayanya masih sisa, disaring ajah sampai halus, bisa untuk olesan roti..hmmm..

Timpan ( Steam Pumpkin Wrap )

 

Timpan adalah kue basah khas Aceh. Beberapa minggu lalu teman membuatnya dan rasanya sangat enak sekali. Lembut dan manis, isinya adalah inti kelapa yang muda.

Dalam kesempatan kunjungan ke Aceh, ibu-ibu mendemonstrasikan bagaimana membuatnya, kali ini kulitnya adalah labu dengan campuran pisang ayam (pisang berangan) dengan isi srikaya, rasanya berbeda tetapi sama enaknya.

Sepulangnya ke Medan saya penasaran ingin mencoba, tapi kali ini saya hanya menggunakan labu sebagai kulitnya dan srikaya sebagai intinya, ya enak juga.

Dapat dilihat di gambar terakhir perbedaan penampilan timpan labu pisang dan yang hanya menggunakan labu (warnanya sangat kuning)

Timpan sebaiknya disajikan hangat2 karena kalau sudah dingin cenderung mengeras, apalagi kalau disimpan di kulkas. Tapi jangan panik, panaskan sebentar di microwave atau di steam kembali, rasanya seperti baru dimasak.

Resep yang disini adalah resep dari ibu Mufid, yang menggunakan pisang dan labu.., silahkan mencoba dan bagi pemula mungkin ingin bereksperimen, dengan berbagai bahan.

Timpan labu dan pisang

Bahan untuk kulit / ingredients
500 gr tepung ketan
        glutinious rice flour
500 gr labu kuning, kukus dan haluskan
        pumkin, steam and mashed
500 ml santan kental
        thick coconut milk
4 buah pisang barangan, di masak dengan santan kental ambil sebagian dari santan diatas
        small bananas, cooked in some of the coconut milk.
Garam secukupnya
        salt to taste
Daun pisang muda yg masih menggulung
        very young banana leaves (still rolling)
100 ml Santan campur 2 sdm minyak untuk mengoles daun
        coconut milk mix with 2 tbsp oil for oiling banana leaves
cara membuat / preparation
Campur semua bahan diatas, kecuali santan
Mix well all the ingredients except coconut milk
Masukkan santan sedikit demi sedikit, sambil diuleni, hentikan santan jika adonan sudah kalis
Add the coconut milk a little at a time, while kneading the dough and stop when it forms a ball
 
Olesi daun dengan campuran santan dan minyak
Wipe the banana leaves with the coconut milk mix
Ambil adonan kira-kira satu sendok makan dan pipihkan, membentuk persegi panjang.
Take about 1 tablespoon of the dough, press into rectangular shape 
Letakkan isi, srikaya atau inti ditengah, kemudian gulung menutupi isi.
Put the filling in the middle and roll the doughto cover it.
Bungkus dan kukus selama 20 – 30 menit.
Wrap around with banana leaves and steam for 20 – 30 minutes.
 Untuk isi bisa digunakan inti kelapa muda dengan gula putih atau srikay
There are two options for the filling you can either use sweet grated coconut filling (inti) or Coconut curd. Here is the recipe for coconut curd (it is different to my previous recipe which was meant for toast spread, this is thicker)
Srikaya / Coconut filling

 

           

500 ml santan kental

500 ml santan kental
           thick coconut milk
300 gr gula pasir
            sugar
6 Butir telur
            whole eggs
1 sdt jintan manis
           tsp fennel seeds, ground
Garam secukupnya
           a pinch of salt
Cara membuat / method
Kocok lepas telur dan gula
beat the eggs and sugar
 
Masukkan santan dan Garam
Add coconut milk and salt
 
Masak adonan diwajan dengan api sedang sampai
mengental, kecilkan api aduk terus sampai agak kering dan mulai berminyak.
Put the mixture into a pan and cook over medium heat, until thickened. 
Reduce the heat, and keep stiring until the mixture looks drier and oily
Angkat dan dinginkan.
Remove from the flame, let  cool and set aside and ready to use
Siap digunakan
500 ml santan kental

Homemade Ravioli Recipe with Roasted Pumpkin Filling(Step by Step) ala Dentist Chef

Coba resep baru ini untuk si bayi 😉

DENTIST CHEF

homemade ravioli recipe pumpkin filling ravioli

Ravioli are a traditional type of Italian filled pasta. They are composed of a filling sealed between two layers of thin egg pasta dough and are served either in broth or with a sauce. Today i make my basil green ravioli with roasted pumpkin filling. The contrast color between the dough and the filling is the trick for a beautifull ravioli dish. The finely chopped make the dough had a greeny radient color derived from a pureed basil leaves. Besides gives green color, the basil leaves that infused in the ravioli dough gives a pleasant scent and flavour.

ravioli recipe pasta fresh filling

Take a closer look….

pumpkin ravioli green ravioli recipe fresh ravioli

Yummy roasted pumpkin ravioli !

Ingredient :

Recipe Fresh Ravioli Pasta :

  • 1 cups (125 g) all-purpose flour
  • 1/4 tsp. salt
  • 1 egg yolg
  • 2 tsp. olive oil
  • 10 ml water
  •  1 tbsp pureed basil oil
  • Extra flour on hand for dusting

fresh ravioli pasta recipe make ravioli from scrach step by step

Recipe Roasted Pumpkin Filling for Ravioli…

Lihat pos aslinya 472 kata lagi

Kumpulan Resep Finalis MKH Agustus 2009 — BIT / Beet Root

Sepenuhnya saya kutip dari Mamaku Koki Handal.Butuh ide yang banyak untuk mengolah bit/beet root :-s. Terimakasih Mamaku Koki Handal 🙂

MKH Agustus 2009 – BIT / Beet Root

Inilah dia resep Handal Finalis Mama Koki Handal bulan Agustus!

Nasi Merah Komplit [10 Bulan +]

Resep: Mama Dhira Rahman

Terinspirasi dari Zua yang lagi ogah makan, gimana caranya sesuap masuk tapi padat gizi, jadilah resep ini.. Resep ini sih kira² kaya risotto, bikinnya gampang, aromanya nendang.. Persiapannya palingan cuma 15 menit, masaknya juga tinggal dicetek di rice cooker, cocok buat ibu bekerja :p

Bahan :

½ bagian bit, ¼ diparut, ¼ potong kecil

4 batang buncis baby, potong halus atau parut

½ batang wortel parut

1 lembar keju cheddar

100ml air kaldu (diperoleh dari rebusan air 120ml, 1 ceker ayam, 2cm jahe keprak)

Oregano

Bawang bombay yg kecil 1 butir

Beras 1 takar

*garam,gula bisa ditambahkan untuk usia 1 th+*

Cara membuat :

– cuci beras, sisihkan

– beri 1 sendok teh air pada ¼ bagian bit parut, peras, sisihkan

-rebus ceker, air, dan keprakan jahe hingga mendidih dan keluar minyak² ceker, sisihkan

-tumis bawang bombay sampai harum dan lemas

-masukkan wortel, buncis, tumis sebentar, tuangi kira² 1 sendok sayur kaldu sampai sayuran terlihat lemas

-siapkan rice cooker, masukkan beras, air kaldu, tumisan bawang+sayuran, ¼ bagian bit yang dipotong tipis, air perasan bit, keju, oregano (+kan garam gula untuk 1th+ juga pada saat ini)

– masak dalam rice cooker hingga matang

sekarang,  mari masak pelengkapnya!

Dori bumbu kukus

Bahan :

¼ bagian dori (bisa diganti ikan kakap merah atau tengiri)

2 butir bawang merah, haluskan

2 butir bawang putih, haluskan

1 cm jahe, haluskan

Oregano secukupnya

1 lembar keju cheddar

Cara membuat:

-campur semua bahan, beri keju

-kukus

-setelah dikukus bisa juga digoreng

=======================================================================

Gindara Saos Bit [10 Bulan+]

resep : Mama Yenny Cicik

Hoaaah aku senang loh tantangan bulan ini.. keren banged mamakokihandal memasyarakatkan “beet root” :D hehehe. Soalnya selama ini… yang aku tau ga banyak keluarga yang menghidangkan beetroot sebagai sayuran sehari2 di meja makannya… (ini karena banyak temen2 sekitar yang kalo aku bawa bekal sayur beet root, pasti pada nanya.. .”ih apaan tuh merah?”).

Karena dari kecil aku dikenalin beet sama mamaku, aku juga ngenalin beet ke Ollie dari 7.5 bulan. Sebenernya sama sekali ga PD nih ikutan kontes… secara yah.. hasil poto masakan juga seadanya.. ga pake garnish2… ga dicakep2in.. hehehe… , tapi yah.. turut memeriahkan agustusan aja deh… why not. Its BEETALICIOUS! :D


Bahan:

1 potong fillet Gindara (buang kulit)

1 buah Jeruk Baby ambil sari/peras (Harusnya Lemon, tapi yang ada di kulkas, jeruk Baby). :D

½ sdt Garam (atau secukupnya) -> hilangkan penggunaan untuk anak < 12 Bulan.

Saos Beet :

40 gr Beet Cincang Super Halus

1 sdm Minyak Zaitun

10 ml Air Jeruk Baby

Sedikit garam, Sedikit merica -> hilangkan penggunaan untuk anak < 12 Bulan.

Cara Membuat :

1. Lumuri fillet ikan Gindara dengan air jeruk baby dan garam, aduk rata, sisihkan dalam wadah tertutup 1 jam / sampain meresap.

2. Aduk semua bahan Saos Beet di wadah terpisah.

3. Siapkan pinggan tahan panas, letakkan Gindara ditengah, Siram Gindara dengan Saos Beet.

4. Kukus selama 20 menit, angkat, Sajikan dengan nasi.

========================================

Agar-Agar Merdeka [12 Bulan+]

resep: Mama Seri Winda

Akhirnya ikutan lagi deh tantangan mamaku-kokihandal. Sebelum2nya sih pingin ikut tapi berhubung seringnya kelupaan and baru ingat udah tgl 25. Kali ini tantangannya Bit. Kebetulan Matthew belum pernah dikasih Bit. ^_^ Jadi bisa dicoba deh. Yg mau dibuatpun sebenarnya byk macam… pertama mau dibuat es sarang burung. Eh malah …Jadinya ya agar2 biasa aja dikasih vla ^_^.

Bahan:

Lapisan merah :

1. 1 bungkus agar2 putih.

2. Jus bit dan semangka yg sudah diblender dan di saring.

Lapisan Putih :

1. 1 bungkus agar2 putih

2. susu cair ( saya pake susu Diamond Plain )

3. susu kental manis ( gula )

Lapisan vla :

1. Susu cair ( kira2 250 ml ) à saya pake susu UHT – Ultra

2. 1 kuning telur ayam kampung ( saya pake ¾ aja )

3. tepung maizena secukupnya

4. gula

5. susu kental manis

Cara Membuat:

1. Lapisan merah : Masak agar2 ama jus bit dan semangka. Sehubungan dicoba udah ada rasa manis. So tidak ditambahin gula lagi. Setelah masak, pindahin ke cetakan. 2. Lapisan putih : Masak susu dan agar2. Karena susu rasanya agak hambar, so saya tambah susu kental manis dikit. Setelah matang,pindahin ke cetakan ( diatas lapisan merah ).

3. Vla : masak semua bahan vla menjadi satu hingga matang. Angkat dan diamkan . Dimasukin di kulkas lebih enak. Pertama kalinya Cuma pake susu kental manis. Tapi rasanya kurang enak gitu, so ditambahin gula dikit.

===================================================

ROBITA, Roti Bit Panggang [9 Bulan+]

resep oleh : Mama Yenny Cicik

Bingung Ollie mo sarapan apa… Akhirnya… Liat Bit masih banyak… Ya udah…bikin deh campurin di menu Roti. Emang sih ga kreatif² amat.. Hehehehhe.. But once again.. Ikut ngeramein aja deh.

Bahan:

Roti Tawar 2 lembar – potong kotak

20 Ml ASIP (ASI Perah)

1 Telur Utuh

20 gr Keju Cheddar Parut

30 gr Bit Cincang

Secuil Gula -> Optional, hindari untuk anak berusia <12 Bulan

Cara Membuat:

1. Kocok Telur, ASIP, Bit, Keju, Gula.

2. Oles Pinggan dengan Minyak sayur, Taro potongan roti dipinggan.

3. Tuang adonan telur bit ke atas potongan roti, biarkan semua meresap ke roti.

4. Panggang sampai Matang.

5. Hidangkan Panas.

:D   Ollie doyan banget.

=====================

Putri Ayu Dirgahayu [11 Bulan+]

resep: Mama Luh Ayu

Bahan:

– 100gr Bihun rebus (jangan menggunakan bihun jagung karena kurang sesuai)

– 1sdt Parutan bit

– 50ml santan encer

– 2sdm gula merah parut/gula semut

Cara membuat:

– Rebus bihun sampai lembek dan lengket, bagi menjadi 2 bagian

– Campur paruran bit dengan satu bagian bihun untuk menghasilkan bihun warna merah

– Panaskan santan dengan gula merah untuk saus.

Penyajian:

– Sajikan bihun merah dan putih bersama saus santan.

Untuk foto-foto dan kisah lengkap (hahahaha) silakan mengunjungi:

http://luhayu.blogspot.com/2009/08/dirgahayu-indonesiaku-merah-putih.html

============================================

Puding Merdeka !! [12 Bulan+]

resep: Mama Dhira Rahman

Terinspirasi dari pacar *halah* yang suka banget yoghurt dan dairy product, terciptalah resep ini

Percobaan pertama terasa agak getir, ternyata tipsnya, kalo ngupas bit jangan tipis², gak apa dagingnya ikut kekupas sedikit maka akan didapatkan rasa manis yang paas ☺. Terus waktu mengukusnya, trial n eror membuktikan kira² 15 menit adalah waktu yang pas

Bahan :

1 bungkus agar² plain

100ml susu UHT

1 butir bit, kukus, blender, saring

1 sendok makan gula

700 ml air

Cara membuat :

-kukus bit, blender, saring, sisihkan. Tinggalkan 1 sendok makan

– campur 1 bungkus agar² dengan air sampai seluruh tepung agar² larut

– dalam keadaan panas, ambil 250ml cairan agar², pindahkan ke panci lain, tuangi susu UHT, masak

– di panci awal, beri bit tadi, masukkan gula

– masak semua sampai mendidih

– masukkan masing² dalam cetakan

Vla yoghurt

Bahan :

1 cup kecil yoghurt plain

1 SDM bit

1 sendok makan es krim vanilla (optional)

Cara membuat :

-campur semua bahan, segera hidangkan :)

==============================================

PASTA AGUSTUSAN [11 Bulan+]

Resep oleh : Mama Yenny Cicik

Bahan:

30 gr makaroni, rebus empuk.

60 ml ASIP (ASI Perah. Bisa diganti dengan Susu UHT untuk 12 Bulan keatas)

2 sdt minyak zaitun

2 sdt bawang Bombay cincang

30 gr Daging Sapi Cincang,

25 gr brokoli cincang

30 gr Beet cincang

3 sdm Keju cheddar Parut

1 sdm Keju Mozarella parut

Sedikit Oregano.

Garam dan Merica -> Optional, hindari penggunaan untuk anak <12 Bulan

Cara Membuat:

= Panaskan minyak zaitun, tumis bawang Bombay sampai lemas dan harum.

= Masukan Daging Sapi Cinang, tumis sampai berubah warna

= Masukan berurutan, Beet cincang, ASIP, Keju Cheddar Parut, Mozarella parut aduk sampai Beet empuk, Masukan Brokoli cincang, tambahkan sedikit Garam dan Merica.

= Aduk sampai mengental, terakhir taburin sedikit Oregano untuk pengharum masakan.

Angkat, sajikan.

Roti Panggang Selai Bit

Alhamdulillah… Ada resep baru yang sangat simpel dari saya :D. Resep baru yang dimaksud oleh saya, saya tidak pernah contek resep ini darimana pun, jika ada yang menemukan resep ini di tempat lain atau di blog lain, mungkin kebetulan saja mendapat ide yang sama, ide ada dimana-mana toh? Dan tidak selalu orisinil. Kalau resep dari saya yang pasti simpel-simpel aja… Jadi, wajar saja jika ada yang nyamain, sekian dulu basa-basinya..

Bahan:

Roti gandum

Butter unsalted

Bit (kukus terlebih dahulu, lalu diparut)

Cara membuat:

1. Oleh roti gandum dengan butter pada bagian atas dan bawah

2. Oles salah satu sisi roti tadi dengan parutan bit

3. Panggang di teflon atau di oven.

4. Sajikan selagi hangat.

Catatan: Lagi-lagi tak ada foto 😦 yang pasti saya pun juga doyan, ga cuma anak yang doyan 😀

Sup Lobak

Sumber: griyakuliner.com

Bahan:
1 buah lobak, potong korek api
1 siung bawang putih, cincang halus
2 cm jahe, cincang halus
1/4 sdt pala bubuk
1/4 sdt kayu manis bubuk
1 sdt garam
3 sdm kecap manis
1/4 sdt gula pasir
800 ml air
minyak untuk menumis

Pelengkap:
250 g ayam rebus, suwir
4 potong tempe goreng
1 btg seledri, iris tipis
1 btg daun bawang, iris tipis
2 bh tomat, potong-potong

Cara membuat:
1. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan jahe hingga harum.
2. Tambahkan pala bubuk, kayu manis bubuk, dan kecap manis. Aduk-aduk.
3. Tuang air, didihkan.
4. Masukkan lobak, garam, dan gula pasir. Masak hingga mendidih. Angkat.
5. Tata bahan pelengkap di atas piring saji. Siram dengan kuah lobak.
6. Sajikan.