Tips Puding Lembut

Masih terobsesi dengan puding lembut khas Puyo dan Kherby, saya lebih suka Kherby lebih lembut dan rasanya ga terlalu manis 🙂 Rata-rata resep yang saya temukan, pasti ada kuning telurnya 😦 kurang suka puding yang ada campuran telurnya 😦 tapi ga apa-apa deh ini hasil contekan yang penting diarsip dulu supaya ga kelupaan 😀

Sumber: Kaskus

*)Ada Catatan dari Blog Nyatet Resep

resep pudding cokelat yang biasa ane coba niey gan.

Bahan:
– 3 Bungkus Agar-agar
– 2 Kaleng Susu Cokelat
– 9 Gelas Air
– Tambahin Gula Sedikit
– Garam sedikit
– 3 Kuning Telur
– Tambahin 2 Sendok makan custard (merk Hercules)

Caranya:
1. Masukkan Agar-agar ke dalam air, aduk hingga rata. *(Note: Masukkan telur sebelum dimasak di atas api)
2. Masukkan Susu cokelat, tambahkan garam sedikit. Di atas api sedang.
3. Adonan cokelat dengan custard d satukan, lalu campur air dari bahan pudding agar menyatu bahannya.
4. Masukkan bahan cokelat+custard tadi ke dalam bahan pudding, dan di masak hingga umep (mendidih). *(Catatan nyatetresep: ada sumber yg mengatakan jika dicampur dengan custard sebaiknya tidak mendidih, kebetulan saya pernah mencoba membuat puding dengan custard namun tanpa telur, tekstur puding pecah seperti puding santan)*
Ane awalnya cuma pake kuning telur, hasilnya memang lembut. Ane dapet saran pake custard lebih lembut lagi bahannya, seperti hasil pudding yang di hotel-hotel gan…

Resep Vla
Berikut bahan vla untuk pudding:
5 gelas air (gelas belimbing)
1 kaleng susu kental manis yang putih (indomilk / frisian flag)
1 kuning telur
1/2 sdt vanila esense
1/2 sdt garam
3 sendok gula pasir (selera manisnya)
4 sendok maizena

untuk caranya:
Agan campur semua bahan, lalu aduk terus d atas api sedang sampai mendidih. Jangan ditinggal2 ya gan pas masak vla.. Bisa angus nanti
naahh, kalo udah dingin. Tambahin rhum 1 sdm aja, ya ini juga selera sich. Rhum yang biasa ane pake merk
jamaica…

Buat yang pernah coba resep di atas, sila komentar di postingan blog saya 🙂 saya sih baru coba resep puding ala NCC kombinasi custard.. Menurut saya puding lembut memang tergantung dari berapa banyak jumlah cairannya, hmm tapi ga tau juga kalau ternyata karena lebih banyak creamer nya, karena percobaan saya yang ke-3 atau ke-4 jumlah air lebih banyak dan SKMnya yang full cream.. Masih perlu coba resep-resep lagi nih 😀

Posted from WordPress for BlackBerry.

Iklan

Tips Membuat Kaldu

KOMPAS.com – Membuat kaldu rasanya mudah saja. Tinggal rebus tulang atau daging ke dalam air, lalu selesai. Ternyata, tidak sesederhana itu! Banyak orang yang menggunakan cara yang salah saat merebus tulang atau daging tersebut, kaldu menjadi tidak berkualitas. Karena itu, coba ikuti cara memasak kaldu berikut ini.

1. Waktu yang dipergunakan untuk memasak kaldu antara 1-2 jam.
2. Jika kaldu tampak kotor (ada sisa darah, lemak, dan lainnya), buang kaldunya, cuci bersih daging/ tulang pembuat kaldu tadi. Lalu rebus kembali daging/ tulang dalam air dingin dengan api sedang. Setelah mendidih, segera matikan api, buang airnya. Siapkan lagi air panas, masukkan daging/ tulang tadi dan masak dengan api kecil untuk membuat kaldu yang baik.
3. Jangan sesekali menggunakan api besar untuk membuat kaldu, karena sumsum dan sisa darah akan terlepas dari tulang (jika kaldu dibuat dari tulang sapi/ ayam). Akibatnya, kuah jadi keruh dan amis, bagian-bagian tulang akan matang sehingga sarinya terperangkap dan tak bisa keluar. Gunakan teknik slow cooking atau dengan api kecil.
4. Bila muncul busa pada rebusan kaldu, angkat busanya, lalu buang.
5. Jangan masukkan tulang mentah ke dalam air kaldu yang sudah panas/ mendidih.
6. Jangan mencampur kaldu yang sudah jadi dengan air yang tidak mendidih. Risikonya, kaldu akan mudah basi dan rasanya akan berubah.

Tips:
1. Kaldu seharusnya tidak berbau amis. Untuk menghilangkan bau amis, bisa ditambahkan bahan-bahan lain seperti daun bawang, daun seledri, atau kulit wortel (memanfaatkan produk samping) saat membuat kaldu.
2. Air kaldunya tidak berlemak.
3. Warna kaldu bening atau tidak butek (kotor).

Posted from WordPress for BlackBerry.